4 Cara Laporkan Berita Hoax di Facebook

Plsy Store Street Fight
meme berita hoax di facebook


Hallo Punk5.. Bagi kamu yang suka dan sering menggunakan facebook (fb) tentu sudah biasa melihat berada / timeline yang silih berganti setiap saat. Nah disitu terkadang ada juga nyelip berita.

Bahas tentang berita di Facebook, saat ini katanya banyak yang HOAX alias bohong belaka, Truss kalo udh kena bohongin kita STOP dengan 4 Cara Laporkan Berita Hoax di Facebook

Cukup fokus pada empat hal ini saja, yaitu:

1. Proses Pelaporan Lebih mudah Facebook sedang menguji beberapa cara untuk mempermudah pelaporan berita atau artikel hoax. Pengguna kini bisa melakukannya dengan mengklik sudut kanan atas di sebuah postingan. Cara ini dapat membantu Facebook mendeteksi lebih banyak lagi berita palsu.

2. Memperingatkan Hal-hal yang Diperdebatkan Facebook baru saja memulai program kerja sama dengan International Fact Checking Code of Principles di Poynter , yakni organisasi pihak ketiga, untuk melakukan pengecekan fakta.

Begitu laporan dari pengguna terkait berita hoax diterima, Facebook akan mengirimkannya laporan berita tersebut ke organisasi tersebut. Jika teridentifikasi palsu, berita tersebut akan memiliki tanda dan tautan ke artikel dengan penjelasan yang benar. Artikel yang diperdebatkan akan muncul lebih sedikit di News Feed.

Berita ini masih bisa dibagikan, tetapi pengguna akan melihat tanda peringatan bahwa artikel tersebut telah diperdebatkan kebenarannya saat pengguna membagikannya. Apabila sebuah artikel ditandai, artikel itu tidak bisa dijadikan iklan dan dipromosikan.

3. Berbagi dengan Informasi yang Benar Pihak Facebook menemukan bahwa jika membaca sebuah artikel mendorong orang-orang membagikan berita secara signifikan, mungkin ini adalah pertanda artikel itu telah menyesatkan orang-orang dalam beberapa hal.

"fb sekarang lagi melakukan uji coba untuk menggabungkan sinyal ini ke dalam perangkat, terutama bagi artikel yang sangat berbeda dan yang cenderung dibagikan lebih sedikit," ehmmm

4. Memutus Insentif Finansial bagi Penyebar Berita Palsu Tak hanya itu, Facebook juga menemukan bahwa pemberitaan palsu memiliki motif uang. Penyebar berita palsu menghasilkan uang dengan menyamar sebagai organisasi media terkenal dan memuat berita hoax yang mengundang pembaca untuk mengunjungi situs mereka. Padahal, kebanyakan isi situs mereka adalah iklan.

Untuk itu, Facebook telah mengeliminasi kemampuan pembelian bagi domain penipu yang akan mengurangi prevalensi dari situs-situs yang berpura-pura sebagai media. Terakhir, pihak Facebook akan menganalisa situs tersebut untuk mengetahui tindakan selanjutnya jika dibutuhkan.

Makanya berhati-hatilah jika membaca berita, jangan langsung percaya dulu gan, Cari referensi lain dan cari kebenarannya !!!

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment
Please switch off your AdBlock and refresh this page :)