[X2] Pengertian Apa Itu Fenomena Equinox ?

Plsy Store Street Fight
Pengertian Dari Fenomena Equinox

Hallo Punk5 - Sudahkah kamu tau Fenomena Equinox ?. Ini dia Equinox adalah merupakan sebuah fenomena yang berarti waktu malam yang sama panjang dengan waktu siang.

Hal ini tidak hanya terjadi sekali setiap tahunnya, tapi terjadi dua kali setiap tahun yaitu pada saat musim gugur dan musim semi. Tepatnya setiap tanggal 21 Maret yang disebut sebagai Vernal Equinox dan 22 September yang disebut sebagai Autumnal Equinox.

Hari terpanjang pada suatu musim tertentu disebut solstice. Kalau musim dingin maka disebut winter solstice dan pada musim panas disebut summer solstice.

Lalu Keadaan apa yang mendasari terjadinya Equinox ini ?

Bumilah penyebab dari keadaan yang disebut equinox ini. Lebih tepatnya perputaran matahari saat mengelilingi bumi. Matahari saat melakukan perputaran tahun disebut sebagai ekliptika.

Jadi, selama 6 bulan, Bumi memosisikan Matahari berada di utara khatulistiwa dan 6 bulan berikutnya Bumi membuat Matahari berada di selatan khatulistiwa.

Penjelasan itulah yang juga menerangkan kenapa ada perbedaan waktu yang berlawanan pada wilayah di Bumi yang memiliki 4 musim. Misalnya, belahan satu sedang mengalami musim dingin maka pada belahan lainnya akan mengalami musim panas.

Mungkin kejadian ini merupakan hal yang biasa terjadi bagi kita yang berada di daerah tropis apalagi dilewati garis khatulistiwa.

Namun, bagi mereka yang berada di daerah dengan 4 musim, tentu ini merupakan hal yang sangat jarang terjadi. Mereka mungkin bisa melihat Matahari saat biasanya tidak mungkin bagi mereka dapat melihatnya.

Jadi begitulah sedikit penjelasan Pengertian Dari Fenomena Equinox

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment
Please switch off your AdBlock and refresh this page :)